Jumat, 08 Mei 2009

kok bisa ya??

Banyak banget sih yang nanya, gimana sih caranya bisa nyampe ke jepang? pasti hebat ya..ya udah klo udah dibilang gitu, ga tau deh mesrti senang ato sedih, wahhhh...alhamdulillah bgt deh klo dibilang hebat, tapi sebenarnya jauuhh bangeeeeet dari kata hebattt, aq masih perlu banyak belajar, aq ga ada apa2nya, masih perlu bantuan dan bimbingan dari orang lain. but actually, aku sangat bersyukur atas apa yang udah aku dapet sampe detik ini..
Sebenarnya dari awal masuk kuliah udah pengeeen bangeeet yang namanya keluar negri, soalnya belum pernahh c ya..tapi sebenarrnya ga tau alasanya, knp c pengen keluar negri?Dwaktu oanya c pengen 1 kali aja nginjakin kaki keluar negri., kemanaaaa aja, pokoknya luar negri..:-P*tapi sekarang malah ketagihan, ga mau 1 kali aja, klo ada kesempatan, pengennya c kelililng dunia, emang bener c, manusia ga ada puasnya..heheh...semoga allah ngasih kesempatan ya buat aq utk bisa ngeliat hasil ciptaanya yg maha agung :-P...
Dari awal masuk kuliah udah mulai coba yg namanya seleksi PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) tapi ga penah sampe berangkat..gagal mulu..sampe tahun ke 3 bulan april 2008 kut seleksi baru lah lulus PPAN untuk Kapal Asean Jepang atau SSEAYP..
Tapi sebelumnya, bulan Desember 2007, diawali dengan kak Jaya dan K rendy dateng ke kos2an, ada perluu sesuatu, trus ngeinformasiin klo didekanat kampus ada pengumuman beasiswa pertukaran pelajar ”One Year of SPACE (Saga University Program For Academic Exchange) in Japan”. Awalnya sih agak ragu mau ikut atau ga. Gak Pede, he2. Akhirnya atas tekad yang kuat untuk keluar negri (kapan lagi bisa dapat kesempatan bagus seperti ini) saya memantapkan diri untuk mengikuti seleksi internal kampus, pengen coba2 aja sihhh, saya mulai mencatat persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Persyaratannya seingat saya : Fotokopi KTM, KHS, Surat rekomendasi dari jurusan, Curriculum vitae, Fotokopi Toefl, dan disuruh nulis essay tentang motivasi mengapa mengikuti program tersebut. Saya hanya menyiapakan persyaratan yang dibutuhkan selama 3 hari. Pokoknya yang paling susah dan ribet nyiapin surat rekomendasi dari jurusan. Kalo udah ngurusin masalah administrasi pokoknya paling males deh.

Setelah ngajuin bahan ke Rektorat Unsri, saya menunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak universitas. Dan bersyukur sekali saya dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu tahap wawancara. Wah pokoknya seneng deh bisa lulus aplikasi tahap pertama.

Tibalah saya dites wawancara. Dag..dig..dug. Gila stress banget, coz tes wawancara diuji oleh 3 dosen universitas Sriwijaya yang ketiga – tiganya telah menamatkan Doctor Degreenya di Jepang. Kereeeen. Saya tetap optimis(dan memang harus), (mau gagal kekkk, mau lulusss kek, pokoknya optimis dulu hehhehe...)saat mengikuti tes wawancara. Dan alhamdulillah tes berjalan lancar dan saya bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik. udahhh, abis seleksi dilepass gitu aja, ikhlass, ga ada beban sama sekali...

Setelah menunggu 1 minggu, tibalah pengumuman, siapa saja yang masuk 3 besar terbaik seleksi internal universitas untuk mengikuti tahap selajutnya yaitu tahap seleksi dari universitas jepangnya. Waaah...alhamdulillah lagi, saya masuk 3 besar dan mendapatkan point tertinggi alias juara 1, he2. Kok bisa ya...padahal peserta yang lain banyak yang lebih bagus, dan bahasa inggrisnya mereka lancar. Mungkin Kembali lagi kepada kekuatan doa kita pada yang diatas kali ya. Karena dengan doa kita langsung berkomunikasi dengan tuhan dan langsung terhubung oleh kekuatan dan kasih sayangnya yang maha dahsyat asalkan kita berdoa dengan penuh keyakinan kalo doa kita akan dikabulin sama tuhan.

Saya mendapat kesempatan untuk mengisi application form yang sudah dikirim oleh pihak Saga University. Di Application Form yang paling penting penilaiannya menurut saya adalah motivation essay dan Indenpendent study that I would like to take if received for that scholarship. Untuk independent study, saya ambil tentang teknologi membrane terutama untuk waste water treatment. Saya sangat tertrarik sama teknologi membrane, karena teknologi ini memang luar biasa sekali, banyak keuntungannya, tidak hanya untuk waste water treatment tapi bisa juga untuk pengolahan air minum, gas absorption column, cooling tower, etc.

Wah…udah bulan april neh, kok belum ada ya panggilan dari pihak saga university…gimana donk.. apa ga lulus? Padahal ngarep banget. Kesempatan untuk bisa lulus program ini memang kecil sekali, karena hanya 23 orang dari dunia yang akan diterima dan hanya kira – kira 60 % yang dapat beasiswa penuh yaitu tuition fee exemption from Saga University and Jasso ( Beasiswa biaya hidup dari Pemerintah Jepang) dan sisanya hanya mendapatkan Tuition fee exemptions from Saga University sedangkan untuk biaya hidup mereka menanggung sendiri. Untuk kesempatan dari Indonesia sendiri hanya ada 3 orang yang akan diterima. Duuuh...bisa lulus ga ya………

alhandulillah, subhanallah, rezeki dari allah, akhirnya aku bisa lulus program SPACE, di kondisi aku udah nyiapin semua berkas untuk program Ship for South East Asean Youth Program (SSEAYP) ke Jepang juga..

trus klo ditanyaaa...apa donk syarat buat bisa lulus keluar negri???Bahasa Jepang???aku sama sekali gaaa bisssa...Mungkin bahasa inggris kli yaaa???TOEFL ku juga ga bagus2 bangettt, ato IPK kli ya???IPK ku standard2 aja, banyak kok anak unsri yang IPK nya jauuuuuhhh lebih gede dr aq..trusss apa donkkk ya...aku juga ga tauuuu...aku cuma bisa jawab, cuma kebesaran allah yang bisa buat aq dapetin ini...

alhamdulillah...puji syukur kepada Allah S.W.T. makasih ya..ya allah...^_^

3 komentar:

  1. wah, kakak...
    jadi terharu baca ceritanya kakak..
    mungkin kita ga kenal satu sama lain, kcuali cuma tau kita satu sekolah waktu d netco..
    tp, critanya kakak jd bisa jadi inspirasi buat banyak orang neh..
    he..
    keep fighting!!!
    >.<

    BalasHapus
  2. Salam kak riana, saya mhswa FT UNSRI 10, bleh tau info SAGA bisa diperoleh dari mana kak? boleh minta share pengalaman kakak gak? saya sgt menanti nantikan program seperti ini. thx kak

    BalasHapus
  3. btw, blh tau alamat facebook kakak? Big thx kak...

    BalasHapus