Selasa, 05 Mei 2009

disaster 2

abis dari nuclear power plant museum, perjalanan selanjutnya ke disaster prevention center, dengan bus kira2 jam..*lama bangettt ya...alhasil selama perjalanan tidur dehh..^_^
disana kita mendapatkan penjelasan bagaimana menyelamatkan diri jika terjadi kecelakaan, misalnya gempa bumi, kebakaran, dan angin ribut. yang dateng langsung bisa ikut simulasi penyelamatan diri..liat yukk beberapa video yang sempat saya ambil..

disimulasi ini, kita dikondisiin kayak bener2 berada di gempa bumi 7 S.R












liat deh ada tanda2 warna merah, di sekeliling pulau jawa sampe aceh, itu adalah daerah2 berpotensi besar terjadi karena pergeseran lapisan bumi yang berbentuk piringan gempa tektonik. sebenarnya setiap tahun terjadi sekitar satu juta kali gempa bumi, karena sebagian besar terjadi dalam skala kecil, Jadinya ga terlalu berasa deh.

Gempa bumi sering terjadi karena adanya pergerakan di antara dua lapisan batu tebal. Gerakan batu itu juga bisa terjadi karena ada tekanan dari permukaan bumi selama bertahun-tahun. Pergeseran itulah yang membuat gempa bumi terjadi dan sering disebut sebagai gempa tektonik.

jepang juga salah satu negara yang rawan banget gempa. bahkan bisa dibilang negara yg paling sering kena gempa. seandainya aja di indonesia di perbanyak simulasi2 bagaimana menghadapi bencana alam gempa bumi, so, bisa mengurangi resiko korban jiwa..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar